Email: djangkarubumi@yahoo.com

Ada Banyak Faktor Penyebab Iklan Google Tidak Muncul, Yuk Simak!


Semua pasti berharap, dengan menulis online ingin mendapatkan income, alias pemasukan pendapatan. Ya, mungkin awalnya menulis demi minat, menyalurkan hoby. Atau menulis online, hanya ingin sekedar belajar atau mengasah kemampuan dalam menulis. Belajar menulis cerpen atau novel secara mandiri. Siapa tahu nasib dewi fortuna berpihak, sehingga ada pihak penerbit yang meliriknya. Dulu sempat banyak penerbit Indie (Penerbit Independen. Entah, kini kok sepi gaungnya).

Bagi yang punya income gede diluar menulis online, mungkin semangat menulisnya masih terjaga. Bagi yang tidak punya atau mungkin ada tapi minim. Akan banyak perhitungan pastinya. Maka jangan heran, jika kini banyak penulis yang hiatus, istirahat sejenak. Karena menulis online juga membutuhkan biaya. Entah itu untuk beli kuota, atau membayar bulanan wifi. Belum lagi alat mengetik yang menggunakan komputer, bisa PC atau laptop. Harga komputer kan lumayan berbunyi. Belum lagi itu soal daya listrik, yang hampir setiap tahun naik dan terus naik. Naiknya lumayan besar pula.


Menulis itu tidaklah mudah, karena harus mengumpulkan bahan-bahan yang nantinya disusun. Kadang banyak ide, eh giliran di depan komputer, isi kepala ngebleng. Macet dan beku dengan tiba-tiba. Gagal menulis artikel jadinya. Belum lagi soal photo atau gambar sebagai pelengkap cerita. Dan setidaknya, bagi seorang penulis online, harus tahu sedikit soal SEO (Search Engine Optimization). Atau mungkin, tentang HTML, jika ada kendala gambar ngeblur atau susunan kalimat paragrafnya berantakan.

Dulu pendapatan dari iklan, lumayan banyak dan aneka pilihan. Ada Adsense Com, Sitti co id, Ads oke, IklanBlogger dot com. Eh semua jasa iklan tersebut tidak tahu kemana lagi rimbanya, setelah google meluncurkan Google Adsense. Ada juga jasa iklan yang masih eksis selain kepunyaan Google yaitu, MGID dot com.

Apa foktor penyebab Iklan Google tidak muncul?
  • Belum mendaftarkan keGoogle Asdsense, itu pasti ya. Jika belum punya akun google Adsense, iklan pasti  tidaklah muncul. Sudah daftar saja, harus menunggu peninjauan, lumayan lama pula waktu tinjaunya. Karena peninjauan sekarang secara manual, petugas google langsung. 
  • Belum memasang kode script iklannya, atau tidak menyeting iklan gogle otomatis. Atau bisa jadi salah kode.
  • Artikel dianggap melanggar hak cipta atau duplikat. Peraturan Google Adsense, kini semakink ketat banget. 
  • Daya loading situs atau website yang lumayan berat. 
  • Tidak adanya iklan sponsor di Google Adsense. Semakin banyaknya media sosial, kini banyak pilihan buat mempromosikan usahanya semisal di tiktok, IG, Facebook, X dan sebagainya. Dulu Google masih menjadi rajanya. Kini semakin tergerus pamornya.
  • Kena pembatasan iklan, jika ada artikel yang dianggap melanggar hak cipta, akan berpengaruh kemunculan iklan di artikel lainnya. Beda jika main di Youtube, yang tidak muncul hanya di video yang dianggap melanggar hak cipta.

Nah, itulah faktor penyeban Iklan Google tidak muncul. Belum lagi sekarang eranya iklan versi video, iklan ala banner atau tulisan kayaknya kurang efesian lagi. Ya begitulah, setiap era akan punya tantangan dan keinginan tersendiri. Maka jangan heran, jika nilai iklan google adsense di situs atau website tergolong kecil nilainya. Beda halnya jika ilan di video youtube.

Semoga saja, Google memberikan perhatian yang lebih lagi ya. Agar penulis online itu terus semangat dalam berkarya. Memberikan apresiasi yang lebih. Jika ada artikel yang dianggap melanggar hak cipta, memberikan tanda yang jelas. Tunjukan judul artikel yang mana, selayaknya kayak di chennel youtube. Sehingga penulis bisa memperbaiki atau mengedit artikel yang dianggap bermasalah tersebut. Alah, terlalu berharap!

Berita Terkait

4 komentar:

  1. Iya nih...kayaknya ada beberapa temen blogger yang mengeluhkan hal yang sama, semakin sulitnya mencari tambahan penghasilan melalui iklan adsense, sampe bertahun-tahun belum mencapai limit yg di tentukan, lama-lama makin sepi...terus semangat aja buat yg cari cuan di blog.

    BalasHapus
  2. kalau untuk Linda..memang belum layak untuk mendaftar google adsense...hihihi

    BalasHapus
  3. Mi blog no tiene publicidad, no tiene tantos seguidores como para ganar dinero.

    BalasHapus
  4. Mungkin sebab itu ramai yang meninggalkan dunia blog, beralih ke YouTube.

    BalasHapus

 
Back To Top