Email: djangkarubumi@yahoo.com

Cara Memilih Gambar Thumbnail Video Shorts Youtube Agar Tampil Menarik dan Banyak yang Klik

Kini video pendek lagi booming. Entah itu di Titkok, Facebook, Instagram, Threads maupun di Youtube. Video dengan durasi pendek dibawah satu menit. Karena posisi video yang horisontal, tegak lurus sesuai dengan posisi layar hape, jadi nyaman dimata. Tinggal scrol jemari ke atas atau ke bawah untuk mencari video yang sekiranya diminati. Atau video yang menarik.

Kalau di Youtube terkenal dengan sebutan video shorts. Sebenarnya sedikit agak terlambat youtube menerapkan video pendek ini. Awalnya kelihatan banget dianak tirikan. Eh kini lama-kelamaan menjadi perhatian serius. Ya kerena peminat atau penonton video shorts di youtube lumayan banyak. Kemungkinan mau tidak mau youtube mengikuti model video pendek seperti di tiktok.

Video Shorts Youtube

Nah agar  video shorts youtube banyak yang klik dan menonton. Pastinya dibuatlah gambar thumbnail yang menarik. Gambar yang bikin penasaran orang dan ingin mengunjunginya. Alias ingin mengklik. Membuat piliham gambar thumbnaul di video shorts youtube memang sedikit rumit dan jelimet. Beda halnya jika ingin membuat gambar thumbnail video durasi panjang, lebih gampang. Jelas banget toolsnya. Kalau di video shorts, ngumpet toolsnya.

Hanya orang yang sudah terbiasa main di Youtube yang hanya bisa mengerti. Konten Kreator baru, mungkin sedikit gagap. Ah sombong amat. Untuk menjadi konten kreator di Youtube, paling tidak punya dua aplikasi, yaitu aplikasi Youtube, nanti buat  unggah video dan aplikasi YT Studio yang nanti diperuntukan untuk edit video (untuk unggah video sebenarnya juga bisa).

Bagaimana untuk memilih thumbnail video shorts di youtube? Ok lah kalau begitu, kayaknya sudah tidak sabaran ya?

  • Unggah video shorts, posisi tegak durasi dibawah satu menit. Jangan satu menit lebih. Ingat dibawah satu menit, jika pas 60 detik kadang nanti masuknya ke video panjang bukan shorts lagi. Unggah divideonya di aplikasi youtube, bukan di YT Studio. Anda bisa mengedit durasi video, tinggal geser kanan atau kiri bar dibawahnya. Klik tombol berikutnya.
  • Disini, anda bisa memberikan teks keterangan atau caption, tambah audio dan sebagainya. Klik tombol berikutnya.
  • Tambahkan detail. Beri Judul, Visibilitas, pilih Audiensi dan sebagainya. Nah diposisi ini, tekan Video disamping judul tersebut. Nanti akan muncul pilihan, geser bar di bawah video tersebut untuk menentukan thumbnail yang diinginkan. Pilih yang menarik. Kemudian tekan tanda centang bulat di pojok kanan atas. Lebih jelasnya lihat gambar pertama.
  • Jika dirasa sudah cukup memberikan tembahkan datail judul dan sebagainya, seperti point ketiga, tekan Upload Video Shorts.
  • Tunggu prosesnyas sampai selesai. Jika sudah ada pemberitahuan pengunggahan selesai: Pilih Video Anda, pilih tools Shorts. Pilih video yang akan di edit dari pivate menjadi publik, dengan menekan tanda titik tiga disebelah video. Atau Anda juga bisa dengan cara lain, buka aplikasi YT Studeo. Pilih tools shorts, dan pilih video yang akan diedit, yang awalnya tadi private akan dibuat publikl. Klik simpan.

Gimana, sedikit repotkan? Repot hanya diawal saja, nanti juga sudah terbiasa juga akan mahir dengan sendirinya. Memang bagusnya dan sarankan, saat unggah video dibuat pilihan visibilitas private sampai ada pemberitahuan lengkap, semisal tidak dianggap melanggak hak cipta dan sebagainya. Baru diedit dibuat visibilitas publik.

Kalau sudah terlanjur unggah dan belum sempat edit tumbnail bagaimana? Gampang kok, buka saja video lewat aplikasi youtube. Pilih video shorts yang akan diedit tumbnailnya. Disebelahnya ada tanda titik tiga, bertumpuk. Klik saja.

Nah nanti akan ada pilihan, pilih edit. Pilih dam telam video disebelah judul. Nanti akan muncul pilihan gambar bar dibawah video ( geser geser sampai ketemu yang pas). Jika sudah mantap, pilih tanda centang bulat di pojok atas. Klik simpar perubahan. Beres dah.

Thumbnail sangat pengaruh, usahakan pilih thumbnail yang menimbulkan hasrat orang lain itu ingin menonton video kita. Dengan banyaknya penonton, pastinya dolar juga akan ikut terdongkrak. Semakin banyak yang menyaksikan video kita, pendapatan dari google adsense juga semakin tinggi. Waduh, semakin berhayal saja, hehehe. Yang jelas, sebagai seorang konten kreator, kekreatifan sangat dibutuhkan. Alaaah, sok ideal!

Video TikTok

Kalau di tiktok untuk mengedit thumbnail sangat mudah sekali. Karena di video atasnya ada tulisan edit sampul. Petujunknya mudah dimengerti. Anti ribet dah, hanya kekurangannya, kalau sudah terlanjur di unggah, tidak ada tools editnya lagi. Ini yang bikin jengkel, jika ada kesalahan menulis judul. Ya setiap applikasi ada kelebihan dan kekuragannya. Pastinya nanti juga akan ada pembaharuan yang lebih baik lagi. Sabar saja!

Eh ngomong-ngomong soal video shorts atau video pendek. Sebenarnya kurang bagus untuk perkembangan otak. Kok bisa? Ya kerena otak dipaksa untuk memahami dan menyimpulkan sebuah informasi yang disajikan dalam durasi pendek. Diperlukan kecerdasan super, apakah itu informsi yang akurat atau informsai hoaks, atau informasi yang hanya sekedar hiburan. Alaah, sebagai konten kreator mah yang pening cuan, hehehe. Hussst!!!!!!

Berita Terkait

1 komentar:

  1. Memang kalo thumbnail nya maka orang jadi tertarik menonton mas. Cuma memang kalo video short karena pendek dibawah semenit harus pintar edit agar informasi masuk semua

    BalasHapus

 
Back To Top