Email: djangkarubumi@yahoo.com

Emak Penjual Makanan Era Kolonial, Apakah Gererasi Z Menyukainya?


Hindari omong politik aja dah. Sebab kalau salah ngomong, akibatnya bisa fatal. Bisa kena geruduk. Lagian politik Indonesia juga sedikit aneh dan unik. Yang di bahas ya itu itu itu melulu. Kayak tidak ada bahan lain saja. Masyarakt sepertinya kurang disuguhi politik yang punya nila edukasi tinggi. Melihat orang-orang pintar di televisi, kalau berdebat masih pakai otot dan tenaga. Kurang begitu santun. Ah, mungkin itu hanya penilaian saya saja.  Kemungkinan saya mainnya kurang jauh, hehehe.

Nah, seperti itulah, jika perut dalam keadaan kosong. Kalau ngomong kenceng dan ngawur. Eits, ini sayangomongin diri sendiri ya. Tidak ada maksud ngomongin orang loan. Jadi ya jangan tersinggung. Boleh sih tersinggung, asal jangan demo hahaha. Makanya jangan sampai perut kosong, tidak bagus bagi kesehatan. Kalau perut kenyang, semuanya ikut  tenang. Isi kelapa juga bis diajak konsentrai, tidur juga bisa nyenyak.  Beda halnya jika lambung kosong, inginnya berontak dan demo melulu. Revolusi.


Aseknya kulineran apa kali ini ya? Mengingat isi rekening yang semakin tipis dan terus-menerus terkuras demi memenuhi kehidupan sehari-hari. Pemasukan minim, eh pengeluaran deras mirip air terjun dari pegunungan. Isi dompet? Weleh, pastinya lebih parah to. Hanya tinggal uang kertas nominal dua ribuan. Ya ampun, kenapa saya kok jadi sambat. Ah gara-gara kepancing omongan. Atau mungkin efek dari belum sarapaan?

Nongkrong di luar, sambil mencari makanan atau jajanan ringan. Kalau duit tidak mendukung, rasa kemalasan itu semakin menguat. Mau pergi jauh, setidaknya harus punya bekal uang yang cukup. Entah itu buat beli bensin, atau untuk uang cadangan yang tidak terduga, semisal nanti ban bocor atau uang pakiran yang kini merajalela. Alaaaah, ngeluh lagi.



Tidak berselang lama nongkrong, ada emak-emak penjajakan dangannya dengan cara mengayuh sepeda. si Emak dengan mengenakan caping gunung sebagai pengganti topi penutup kepala. "Tiwul Tiwul,....", sesekali emak itu teriak mempromosikan jajanannya. Saya pun tersontak, "Apa Tiwul?" Di Kota besar begini, ada yang keliling menjual tiwul, makanan ndeso. Makanan era kolonial, makanan jaman susah.

Saking penasarannya, saya pun membelinya. Harganya lumayan murah, lima ribu rupiah. Isinya komplit, ada tiwul, cenil, ketan hitam. Nanti dikasih toping atau taburan parutan kepala muda. Jajanan yang super. Lidah ikut bergoyang-goyang karena tekstur cenil yang gimana gitu. Isi kepala pun ikut terabang ke era dimana saat itu pernah mengalami fase kehidupan dititik rendah ekonominya. Era dimana harga beras tidak terjangkau. Ya ya ya, saat itu hanya bisa makan tiwul.

Aduh, kenapa saya jadi bernostalgia dengan masa lalu. Ya ya ya, itulah aseknya berkulineran. Tidak hanya memanjakan daya lidah saja, tapi juga bisa membangkitkan rasa emosi dan pikiran. Saya pun menyempatkan bertanya kepada si emak tersebut."Apakah anak-anak era sakarang  ada yang membelinya?". "Umumnya yang beli orang tua", sepintas jawabannya. Semoga laris manis dan sehat selalu ya mak!

Berita Terkait

11 komentar:

  1. sekarang tiwul ini udah jarang, karena sekarang itu lagi doyannya makanan manis banget,
    dibandingkan dengan mixue dan lain lain pasti lebih rame mixue,

    saya sih doyan makan tiwul ini,
    cuman biasanya itu dijual bareng sama yang jualan kue basah sih
    enggak kelilingan kalau di tempat saya

    BalasHapus
  2. Di pasar malam dekat rumahku juga masih ada yang jualan tiwul, harganya sama cuma 5000 dapat banyak lumayan kenyang

    BalasHapus
  3. Ya ampuuuun , kamu beruntung banget sih mas, bisa nemuin penjual tiwul segala 😍😍😍😍. Mana pernah lewat yg begini di lingkungan rumahku. Aku sukaaa juga dengan tiwul. Pertama kali coba di Aceh, Krn di sana banyak komunitas orang Jawa, JD pernah ada yg bikin pas acara. Langsung sukaaa 😍😍.

    BalasHapus
  4. TIWULLLLL MY FAV .... wohhh nggak santai sangking kangennya sama ini makanan... Asli bner kata Mba Fan sama Mas Agus.. Udah jarang banget Tiwul berseliweran.. Paling sering nemu paling Gethuk.. Aku pun suka Gethuk dan Tiwul... heheh

    Udah nggak banyak orangyang jajan begini.. Selalunya yang dicari paling Cimol atau Kentang atau Jamur Crispy.. hahah Jajanan aku juga ..

    Umur makin kesini udah jarang banget jajajn-jajan, nongki-nongki di Cafe gitu Mas... Paling yaa hiburanku keluar jajan Cimol atau apa gitu seketemunya di Janan. Beruntung di sini ada 2 pusat jajajan Kaki Lima.. Jadi, kalau mau jajan tinggal melipir aja. Harga Murah, pilihan banyaaakkk.. wkwkkw Tapi ya gitu, udah jarang ketemu Tiwull...

    BalasHapus
  5. Tiwul, selama ini cuma tau namanya aja belum pernah memakannya. Belum pernah Nemu tukang tiwul. Gimana sih rasanya tiwul?

    BalasHapus
  6. semuanya nampak sedap banget tu!

    BalasHapus
  7. Karena saya bukan generasi Z, tentu saya suka makanan era kolonial...hehehe
    Disini yang masih sering saya jumpai adalah dodongkal, atau dongkal saja. Mirip juga dengan pedagang cenil itu Mas, yang dagangnya sudah sepuh...

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, saya pun suka makanan seperti tiwul ini ... yang tradisional.

      Hapus
  8. Belum pernah nyicipin tiwul. Sekilas lihat seperti gethuk ya?

    BalasHapus
  9. Ini jajanan kesukaan saya nih..emang udah jarang juga yg jual, biasanya di pasar tradisional,itupun sudah jauh berkurang, inget jaman SMP ,kalo kepasar tradisional, ibu saya selalu beli jajanan ini

    BalasHapus
  10. Tiwul sama jiwel sama gak ya? Soalnya dari fotonya mirip dan di Bandung namanya jiwel. Nah, kalau jiwel aku suka, enak gak terlalu manis dan ada kelapanya gitu. Semoga jualannya semakin laris ya, dan anak muda mau mencoba. Karena rasanya sebenarnya enak lhooo, kalah deh Mixue xD

    BalasHapus

 
Back To Top