Email: djangkarubumi@yahoo.com

Kenapa Franchise Es Teh Manis Merajalela Sampai Tidak Terkendali, Oh ini Penyebabnya


Saya sebenarnya sudah ada keinginan buka usaha es teh manis kemasan gelasan. Atau yang terkenal dengan sebutan es teh cup. Semenjak tahun 2010 ide itu muncul. Ada niat pula ingin beli itu mesin press gelas plastik. Dulu, mesin ini masih tergolong mahal harganya, berksiar dua jutaan, eh kini kok semakin murah ya, berkisara satu jutaan. Terus kenapa ide itu tidak terwujud?

Wah ini pertanyaan yang menarik, dan tergolong sensitif juga sebenarnya. Cita-cita dan keinginan untuk berjualan es teh manis cup, terkendala faktor modal. Saat itu belum terjangkau untuk membeli mesin press tutupnya. Penyebabnya keadaan finansial yang masih masuk katagori ekonomi prasejahtera. Eleh, bilang aja miskin ya miskin, seperti apa yang dikatakan Pak Prabowo. Kagak usah pakai istilah akademi, hahaha.

Nah kenapa orang miskin itu tetap miskin? Ya karena salah satu penyebabnya, jika ingin punya usaha terkendala soal modal. Mau mengeksekusi apa yang ada dikepala tidak bisa segera terwujud. Beda halnya jika orang kaya, setiap punya ide, bisa langsung terbentuk. Tidak perlu mikir panjang. Ah cari alasan saja, bisa jadi terlalu idealis jika punya angan-angan. Terlalu punya syarat yang berlebihan, mau bergerak punya usaha, jika ini dan itu ada. Hmm.....

Dulu, es teh cup mungkin masih dalam hitungan jari ya. Yang paling populer saat itu, es teh poci dan es teh botol. Tapi sekarang, namanya seabrek ada es teh manis, es teh OPLOS, es teh Solo. es teh tarik dan sebagainya. Saya tidak ingat semuanya. Dan saya juga pernah mencoba membeli aneka es teh gelas tersebut. Dan uniknya, hitungan bebepa jengkal, sudah ada gerai es teh. Wah benar-benar bisnis yang viral.



Dan memang cukup viral bisnis es teh manis gelas ini. Sampai di tiktok juga heboh. Ada pemilik franchise yang uring-uringan kerena mitra kerjanya tidak mau belanja produknya lagi. Sedangkan sang mitra masih menggunakan merk atau brand nama milik sang empu franchise es teh tersebut. Papan nama di gerainya dipilok atau hapus dah. Sebagai tanda jika sudah putus mitraan.

Apa seh itu franchise? Kalau bahasa Indonesisanya adalah wiralaba. Kerjasama dalam bidang usaha dengan cara bagi hasil sesuai dengan kesepakatan yang mencangkup hak kelola dan pemasaran. Umumnya mitra dibantu dalam mencari lokasi yang strategis, atau mitra mau mencari lokasi sendiri dan nanti pemilik utama usaha akan mensurvainya. Layak atau tidaknya. Mitra cukup memasarkan produknya, barang utama akan disuplai sama pemilik utama. Nanti juga akan mendapatkan training, maupun alat perlengkapan usaha juga. Ya semua tertangantung dari kesepakatan.


Berapa seh modal awal agar bisa gabung ke Franchise Es Teh Manis Kemasan Gelas? Variatif seh, ada yang 3,5 juta dan 5 juta. Tergantung brand. Jika merk tersohor, pastinya akan lebih mahal. Apakah bisnis atau usaha es teh manis gelas bisa cepat balik modal. Wah semua tergantung tempat kestrategisan. Semakin minim saingan, pastinya akan lebih cepat mendapatkan keuntungan.

Apalagi dengan musim kemarau yang begitu panjang. Dan suhu udara yang lumayan ekstrem, sampai 33 derajat celsius. Minuman es akan menjadi primadona. Bahkan teman saya berharap kemarau lebih panjang dan lama lagi, biar jualan es tehnya semakin laris dan semakin mendapatkan banyak keuntungan. Nah lo!

Berita Terkait

3 komentar:

  1. Iya nih udah cukup banyak brand es teh ini itu, tapi saya gak terlalu sering beli, soalnya enak..nanti kalo ketagihan susah sendiri ..hehe.

    BalasHapus
  2. Aku kurang suka teh sih. Makanya jarang beli. Di Deket rumahku yg jualan teh begini ada 3 kalo ga salah. Tp yg enak 1, menurut suamiku 🤣. Kalo dia doyan teh manis.

    Cuma aku larang tiap hari, takut diabetes mas. Kalo bikin sendiri tehnya, itu gula aku kurangin jadi setengah sendok teh 😄. Moga aja lama2 bisa minum teh tanpa gula.

    BalasHapus

 
Back To Top