Email: djangkarubumi@yahoo.com

Tehyan Alat Musik Tradisional Asal Betawi yang Kini Mendunia, Sumpah!

Apa itu Tehyan? Wah pertanyaan yang super menarik. Mungkin masih sedikit orang mengenal akan alat musik ini. Alat musik tradisional asal Betawi, Jakarta. Alat musik yang makin tersohor dan makin terkenal di dunia. Bahkan tersiar kabar, di Australia sempat mengadakan pentas seni musik asal Betawi, pastinya menggunakan alat musik tehyan ini. Wah hebat bukan?

Tehyan adalah alat musik gesek, yang punya dua senar. Dua senar, tapi bisa menghasilkan nada-nada yang indah. Suara melodinya super merdu. Saya sendiri dibuatnya takjub, dua senar tapi kok bisa semerdu itu ya.Tangga nada doreminya keren banget. Alus, enak didengar. Pokoknya mantap jiwa. Super kece.

Kru Ondel-Ondel

Bentuk dari alat musik tehyan juga unik lo. Sepintas mirip bioala tapi jauh beda. Bagian bawah, Belahan tempurung/batok kelapa yang disebut tabung resonansi dihubungkan dengan kayu yang mirip tongkat. Kayu ini umumnya terbuat dari kayu jati atau dari kayu pohon kelapa juga. Nanti senarnya digesek dengan alat yang mirip kerangka induk panah.

Tehyan alat musik asal  Betawi yang diadopsi dari Tionghoa (Cina). Masyarakat luas akan lebih mengenalnya, tehyan adalah alat musik Ondel-ondel Betawi. Alat musik yang biasa buat/diperuntukan ngarak Ondel-Ondel keliling. Kru musik ondel-ondel Betawi lumayan banyak juga, selain pemain Tehyan, ada penabuh gong, kendang/Gendang, kecrek, drum.

Seperti apa yang saya singgung di atas, alat musik tehyan lebih sering digunakan sebagai alat musik pengiring ondel-ondel Betawi. Sehingga ondel-ondel akan lebih semangat jogetnya. Pertunjukan ondel-ondel akan lebih hidup jika ada musik tehyan. Hal sebaliknya juga, Ondel-Ondel tanpa musik tehyan, sepi. Kurang greget!

Saya punya channel youtube, yang sementara ini saya peruntukan khusus buat alat musik tehyan. Lebih focus ke pemain tehyan. Sebagai apresiasi dan kekaguman saya terhadap pemain alat musik tradisional Betawi. Sepertinya masih dalam hitungan jari, orang bisa memainkan alat musik ini. Alat musik tehyan harganya berapa seh? Berkisar 300ribuan keatas. Pastinya sesuai dengan kualitas bahannya. Eh, itu nama channelnya apa? Oh iya siapa tahu ada yang mau subscribe. Nama channel Youtubenya, Om Koodok.

Berita Terkait

1 komentar:

  1. Saya baru tau nama alat musik ini Tehyan ternyata, suaranya mirip-mirip dengan biola ya...saya pernah denger pas main ke Jakarta, kebetulan ada ondel-ondel Betawi lewat, berikut ada musik pengiringnya yang pakai Tehyan ini.

    BalasHapus

 
Back To Top